Bagaimana Membelajarkan Sejarah Menggunakan Studi Kasus?

Authors

  • Hera Hastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Pengajaran Sejarah, Metode Kasus, Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Artikel ini menyajikan bagaimana menerapkan metode kasus dalam proses pembelajaran di kelas, khususnya dalam pembelajaran sejarah. Tidak banyak artikel yang mengulas langkah-langkah penerapan metode kasus dalam pembelajaran sejarah, kalaupun ada namun tidak spesifik pada contoh penerapannya. Keunikan dari metode ini adalah secara langsung mengembangkan pemikiran praktis dan kritis, serta melatih siswa untuk memberikan argumen dari berbagai sudut pandang. Sehingga siswa tidak lagi menghafal materi yang diberikan oleh guru, tetapi melibatkan mereka dalam proses berpikir dan mempraktekkannya secara aktif. Hal ini karena metode kasus mengeksplorasi secara mendalam realitas suatu kasus dan menyajikan analisis dari penyelidikannya. Metode ini mendorong pemikiran kritis, mendorong perdebatan, dan menstimulasi interaksi antara guru dan siswa. Namun, metode ini juga bisa sangat membingungkan jika Anda tidak tahu banyak tentangnya. Catatan singkat ini dirancang untuk menjernihkan kebingungan tersebut dengan menjelaskan bagaimana metode kasus bekerja dengan contoh-contoh bagaimana guru sejarah dapat memaksimalkannya.

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Hera Hastuti. (2024). Bagaimana Membelajarkan Sejarah Menggunakan Studi Kasus? . Journal of Social Studies Research and Education Research, 1(1), 30–41. Retrieved from https://jurnalips.ppj.unp.ac.id/index.php/Jusser/article/view/5