Pembelajaran IPS Melalui Pemanfaatan Media Sosial: Sebuah Tinjauan
Keywords:
Pembelajaran IPS, Media Sosial, Pendidikan, Literasi DigitalAbstract
Media sosial telah menjadi bagian penting dalam pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Studi ini meninjau pemanfaatan media sosial sebagai alat pembelajaran IPS, dengan menyoroti potensi dan tantangan yang dihadapi. Media sosial dapat meningkatkan akses informasi, keterlibatan siswa, dan kemampuan berpikir kritis melalui interaksi kolaboratif dan diskusi. Platform seperti Instagram dan YouTube memfasilitasi penyampaian materi visual yang menarik, sementara blog dan podcast mendukung pengembangan keterampilan komunikasi. Namun, beberapa tantangan seperti risiko gangguan, validitas informasi, dan privasi data memerlukan pendekatan manajemen yang matang. Kesimpulan dari tinjauan ini menunjukkan bahwa dengan bimbingan yang tepat dan literasi digital yang memadai, media sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS yang relevan di era digital.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Media Sosial, Pendidikan, Literasi Digital