Tinjauan Integrasi Teknologi dalam Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Abstract
Di era digital, peningkatan kualitas pendidikan menjadi tantangan penting, terutama dalam optimalisasi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau integrasi teknologi dalam model pembelajaran Snowball Throwing guna meningkatkan hasil belajar. Kajian menggunakan pendekatan studi pustaka seperti literatur terkait integrasi teknologi dalam model pembelajaran kolaboratif dengan menggumpulkan Artikel dari jurnal yang bereputasi, khususnya jurnal yang terindeks Scopus dan Web of Science dalam bidang pendidikan dan teknologi pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti aplikasi digital dan platform interaktif dapat memperkaya interaksi, memfasilitasi akses informasi yang lebih luas serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Model Snowball Throwing yang dikombinasikan dengan teknologi tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Studi ini memberikan wawasan tentang manfaat dan tantangan integrasi teknologi dalam model pembelajaran aktif, serta implikasinya bagi peningkatan efektivitas pembelajaran. Studi ini lebih lanjut dibutuhkan guna mengevaluasi dampak spesifik dari teknologi dalam konteks pembelajaran IPS dan jenjang pendidikan yang berbeda.
Kata Kunci: Integrasi Teknologi, Snowball Throwing, Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar.