Pendidikan Perempuan Pada Masa Pendudukan Jepang

Authors

  • Firza Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Elfa Michellia Karima Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Annisa Annida Nasution Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Erza Abianza Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rut Damayanti Gultom Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis pendidikan perempuan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan studi literatur atau kepustakaan dengan cara mengumpulkan referensi dari berbagai sumber seperti dari jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Informasi tersebut dianalisis dan disusun untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada masa pendudukan Jepang, pemerintah memberikan akses pendidikan yang lebih merata dan kesetaraan gender sehingga para perempuan memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Perempuan Indonesia juga turut aktif dalam berbagai kegiatan dan organisasi perempuan pada badan resmi Jepang pada masa ini. Pemerintahan Jepang membuka sekolah kepandaian puteri Wakaba yang bertujuan untuk membentuk para wanita menjadi ibu rumah tangga yang baik, sejalan dengan standar yang diinginkan oleh pemerintah Jepang.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Firza, Elfa Michellia Karima, Annisa Annida Nasution, Erza Abianza, & Rut Damayanti Gultom. (2024). Pendidikan Perempuan Pada Masa Pendudukan Jepang. Journal of Social Studies Research and Education Research, 1(1), 22–29. Retrieved from https://jurnalips.ppj.unp.ac.id/index.php/Jusser/article/view/2