Pendidikan Perempuan Pada Masa Pendudukan Jepang
Abstract
Tujuan penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis pendidikan perempuan pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan studi literatur atau kepustakaan dengan cara mengumpulkan referensi dari berbagai sumber seperti dari jurnal, buku, dan artikel ilmiah. Informasi tersebut dianalisis dan disusun untuk menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada masa pendudukan Jepang, pemerintah memberikan akses pendidikan yang lebih merata dan kesetaraan gender sehingga para perempuan memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Perempuan Indonesia juga turut aktif dalam berbagai kegiatan dan organisasi perempuan pada badan resmi Jepang pada masa ini. Pemerintahan Jepang membuka sekolah kepandaian puteri Wakaba yang bertujuan untuk membentuk para wanita menjadi ibu rumah tangga yang baik, sejalan dengan standar yang diinginkan oleh pemerintah Jepang.