Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Smp Negeri 7 Padang

Authors

  • Krisma Haryuniati Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Affrandi Jasrio Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Alfajri Yusra Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firza Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Kesulitan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana  kendala guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka dari perubahan kurikulum yang terus menerus terjadi membuat kurikulum tersebut belum terlaksana dengan baik. Hal tersebut membuat adanya dampak dari perubahan kurikulum terutama pada guru yang mana dari segi  pembelajaran di kelas guru masih belum bisa memahami kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 7 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan suatu objek di lapangan terkait faktor-faktor penyebab kesulitan guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat faktor-faktor kesulitan implementasi kurikulum merdeka yang di rasakan oleh guru diantaranya: 1) belum mendapatkan pelatihan (pelatihan dan kesiapan guru yang dirasa masih sangat kurang), 2) saranan dan prasarana sekolah yang belum memadai untuk pengimplementasian kurikulum merdeka, 3) model pembelajaran yang banyak belum diketahui dan dipahami oleh guru sehingga guru kebingungan untuk menggunakan model pembelajaran ketika pengimplementasian kurikulum merdeka, 4) kesulitan guru dalam menganalisis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar, 5) Minimnya kemampuan menggunakan teknologi, dan 6) Anak tetap naik kelas ketika anak tidak bisa membaca sehingga akan berpengaruh pada hasil belajarnya di sekolah.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Krisma Haryuniati, Eka Asih Febriani, Affrandi Jasrio, Alfajri Yusra, & Firza. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Smp Negeri 7 Padang. Journal of Social Studies Research and Education Research, 1(1), 42–49. Retrieved from https://jurnalips.ppj.unp.ac.id/index.php/Jusser/article/view/6